Manfaat Buah dan Kulit Manggis untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat manggis. Manggis adalah buah dengan ciri khas yang unik. dengan kulit berwarna merah keunguan dan tebal dengan daging buah yang berwarna putih di dalamnya. Selain rasanya yang manis dan enak ternyata buah manggis memiliki beberapa manfaat khususnya untuk kesehatan, apa saja khasiat dan manfaat manggis untuk kesehatan?, silahkan disimak.

Manfaat Manggis

Buah manggis adalah tanaman daerah tropis jadi tak heran jika di indonesia sangat mudah unutk menemukan buah yang kaya manfaat ini. Buah manggis ini juga disebut sebagai "ratu buah" hal ini dikarenakan terdapat mahkota di atas buah manggis yang merupakan kelopak dan uniknya jumlah mahkota ini akan sama dengan jumlah bulir buah yang terdapat di dalamnya.

Manfaat buah manggis tidak hanya terletak pada daging buahnya saja, melainkan kulit buah manggi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Dalam daging Buah manggis mengandung vitamin C, Serat, Kalium dan bahkan beberapa senyawa biogis aktif seperti Katekin dan Proanthocyanidins.

Sedangkan pada kulitnya manggis mengandung antioksidan yang bernama zat Xanthones dan beberapa kandungan lainnya yang sangat berguna bagi tubuh manusia seperti: anti kanker, anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur, antivirus dan juga antioksidan. Berikut adalah beberapa khasiat dan manfaat manggis.

Khasiat dan Manfaat Manggis :

  1. Menjaga kesehatan usus – meringankan diare, sembelit, menstimulasi kesehatan usus normal 
  2. Baik digunakan pada Kulit dan Wajah – dapat diterapkan pada kulit untuk eksim, melawan bakteri yang menyebabkan masalah remaja yaitu jerawat dan juga membantu mempercepat penyembuhan luka.
  3. Membantu memerangi infeksi – virus, bakteri, jamur, parasit, demam 
  4. Membantu untuk memerangi rasa sakit (properti anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan, nyeri dan kerusakan sendi dihubungkan dengan arthritis, atau nyeri yang disebabkan oleh latihan olahraga dan luka ringan) 
  5. Mengurangi kerusakan radikal bebas dan inflamasi – membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, kadar kolesterol, melindungi otot jantung, menurunkan tekanan darah tinggi 
  6. Meningkatkan energi tanpa stimulan 
  7. Mengurangi gula darah pada diabetes tipe II dengan membuat insulin lebih efektif 
  8. Membantu untuk memerangi kerusakan radikal bebas yang mengakibatkan mutasi sel (kanker dan pertumbuhan tumor) 
  9. Melindungi kesehatan otak dan saraf – membantu untuk memerangi Parkinson, penyakit Alzheimer 
  10. Membantu untuk memerangi alergi (anti histamin), mendukung sistem kekebalan tubuh 
  11. Membantu untuk mengelola berat badan – mengurangi lemak pada tubuh

Manfaat manggis


Nah sekarang kita sudah tau manfaat manggis untuk kesehatan. dan untuk mendapatkan manfaatnya, mulai dari sekarang yuk rajin mengkonsumsi manggis. Semoga bermanfaat, Salam.

Rating : 4.5