Manfaat Daun Jambu Biji dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat Daun Jambu. Mungkin bagi anda tidak asing lagi dengan daun yang satu ini, karena di indonesia banyak tumbuhan jambu biji terutama di daerah pedesaan. apa saja manfaat daun jambu biji? serta apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? silahkan disimak selengkapnya.

Manfaat Daun Jambu

Manfaat daun jambu biji yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk menyembuhkan demam berdarah dan diare, naumn tidak hanya itu saja ternyata daun jambu biji ini juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit lainnya. Selain untuk kesehatan ternyata daun jambu biji ini bermanfaat juga untuk kecantikan seperti menghilangkan jerawat dan mengatasi komedo.

Daun jambu biji memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh karena itulah daun jambu biji memilii banyak manfaat. apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam daun jambu biji? berikut kandungan gizinya.

Kandungan Gizi Daun Jambu Biji :


Komponen Gizi Jumlah
Karbohidarat 11.88 g
Protein  0.82 g
Serat  5.4 g
Lemak Total 0.6 g
Kalsium 20 mg
Magnesium 10 mg
Fosfor  25 mg
Natrium 3 mg
Folat 14 mg
Vitamin C 183.5 mg
Vitamin A 792 UI
Niacin  1.2 mg
Kalium 284 mg
Riboflavin 0.05 mg
Vitamin E 1.120 mg
Asam pantotenat  0.150 mg
Vitamin B1 0.05 mg


Diatas adalah kandungan gizi pada daun jambu biji. lantas apa saja manfaat daun jambu biji? berikut adalah manfaat daun jambu biji silhkan disimak.

Manfaat Daun Jambu Biji dan Khasiatnya


1. Mengobati Sariawan
Daun jambu bija dapat dimanfaatkan utnuk mengobati sariawan, karena dalam jambu biji mengandung vitamin C. Caranya cukup mudah, ambil 1 genggam daun jambu biji segar, 1 jari kulit batang daun jambu biji dan 1 liter air. Kemudian direbus. Saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari.


2. Mengobati Ambeien
Caranya : Ambil beberapa lembar daun jambu biji muda yang ada dipucuk dan 1 pisang batu, Cuci bersih kedua bahan tersebut, pisang batu tak perlu di kupas, kemudian Tumbuk keduanya, ambil air perasannya dalam wadah lalu di minum.lakukan cara ini setiap hari secara teratur. untuk hasil maksimal meskipun rasa sakit sudah hilang tetaplah meminum air perasan tersebut agar ameien anda benar benar sembuh total.


3. Menyembuhkan Luka Berdarah
Ambil 4 - hlai daun jambu biji segar, tumbuk dan lumatkan daunnya kemudian tempelkan lumatan daun itu di tempat Luka Berdarah, lakukan cara ini beberapa kali hingga luka mengering dan sembuh.


4. Mengobati Diare dan Disentri
Ambil Daun Jambu biji segar seberat 30g ditambah Segenggam tepung beras dan Air 1-2 gelas kemudian direbus, Kemudian dinginkan, minum airnya 2 kali sehari.


5. Mengobati Demam Berdarah
Siapkan 5 lembar daun jambu biji, lalu rebus dengan air sebanyak 2gelas, Minum ramuan tersebut dalam waktu 4 jam sekali hingga sembuh.


6. Menurunkan Kolesterol
Ambil 7 lembar daun jambu biji yang masih segar, tambahkan 2 genggam dau ceremai dan 10 lembar daun sirih, cuci bahan-bahan tersebut sampai bersih, lalu rebus dengan air sebanyak 3gelas hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan tersebut 1/2 gelas dipagi hari, dan 1/2 gelas malam hari.

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan


1. Menghilangkan Jerawat
Daun Jambu Biji dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat, caranya : Siapkan daun jambu biji yang masih muda serta air secukupnya. Jika sudah siap, cuci bersih daun jambu biji sambil diremas-remas sampai mengeluarkan busa. Setelah itu, oleskan busanya pada bagian wajah anda yang berjerawat. Kemudian tunggulah sebentar dan cuci bersih wajah anda. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.


2. Menghilangkan Komedo
S;lain menghilangka jerawat daun jambu biji juga dapat mengatasi komedo, Caranya : Siapkan daun jambu biji muda dan air. Setelah itu blender daun jambu biji tersebut bersama dengan airnya. Jika sudah selesai, oleskan/basuhkan scrub daun jambu biji pada wajah anda.

Manfaat Daun Jambu Biji


Nah demikianlah manfaat daun jambu biji serta khasiatnya untuk kesehatan. jika anda atau keluarga sedang mengalami masalah diatas anda bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk mengobatinya. semoga bermanfaat, salam.