Inilah Manfaat Bawang Putih Serta Khasiatnya untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat Bawang Putih. Bawang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, dan bawang putih ini memiliki bau yang cukup menyengat dan khas. selain digunakan untuk bumbu masakan, ternyata bawang putih memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. nah apa saja manfaat bawang putih serta khasiatnya untuk kesehatan? silahkan disimak.

Manfaat Bawang Putih

Bawang putih merupakan tanaman dan gen Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk dasar bumbu masakan indonesia. maka dari itu Kehadiran bawang putih dalam sebuah masakan indonesia adalah suatu keharusan.

Seperti yang saya sebutkan diatas, selain untuk masakan bawang putih juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. bawang putih ini mengandung senyawa sulfur, dan zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir.

Selain senyawa sulfur dan Zat Alliin bawang fputih juga mengandung berbagai macam gizi yang nantinya akan bermanfaat utuk kesehatan. berikut adalah kandungan gizi per 100g bawang putih, yang menjadikan bawang putih bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Bawang Putih


Gizi Jumlah
Energi 149 kcal
Karbohidrat 33,06 g
serat 2,1 g
Gula 1.00g
Lemak 0,5 g
Protein 6,39 g
Thiamine (Vit. B1) 0,2 mg
Beta-karoten  5 mg
Niacin (Vit. B3)  0,7 mg
Riboflavin (Vit. B2)  0,11 mg
Asam pantotenat (B5)  0,596 mg
Vitamin B6  1,235 mg
Folat (Vit B9)  3 mg
Kalsium 181 mg
Zat Besi 1,7 mg
Vitamin C 31.2 mg
Selenium 14.2 mg
Mangan 1,672 mg
Seng 1,16 mg
Sodium 17 mg
Fosfor 153 mg
Kalium 401 mg
Magnesium 25 mg

diatas adalah kandungan gizi bawang putih, yang nantinya akan sangat berkhasiat untuk kesehatan, lantas apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? silahkan disimak berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan


1. Mengobati Diabetes
Jika anda sedang mendrita penyakit diabetes yang diakibatkan oleh jumlah kadar gula terlalu tinggi. mengkonsumsi bawang putih baik untuk mengontrol jumlah kadar gula dalam darah.


2. Melancarkan Peredaran Darah
Dengan mengunyah bawang putih, akan dapat memperlancar peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.


3. Mengontrol Berat Badan
Cobalah untuk memasak setiap masakan dengan menggunakan bawang putih selain menghasilkan makanan yang lezat hal ini akan memberikan hasil dalam menurunkan berat badan.
untuk menurunkan berat badan baca artikel saya mengenai cara menurunkan berat badan disini.


4. Menyembuhkan Penyakit Kulit
Bawnag Putih terbukti memiliki khasiat anti radang, untuk itu bawang putih berguna mengurangi terjangkitnya penyakit kulit. oleskan sedikit minyak bawang putih di area yang terinfeksi untuh hasil kulit yang lebih halus.


5. Mencegah dan Mengobati Flu
Dengan kandungan antioksidan di dalam bawang putih, menjadikan sistem imun tubuh manusia mendapatkan manfaat jika bawang putih secara konstan di konsumsi dalam menu sehari-hari. Jika flu menghampiri, cobalah menyeruput teh bawang putih : masukkan irisan atau cincang halus bawang putih dalam air panas untuk beberapa menit kemudian saring. Teh siap diminum. Dapat juga ditambahkan sedikit madu atau jahe untuk menambah rasa.


6. Mengatasi Jerawat
bawang putih merupakan obat alami yang mampu mengusir jerawat karena mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri. Gosokkan satu irisan bawang putih pada jerawat di wajah perlahan-lahan.
untuk cara menghilangkan selengkapnya silahkan baca artikel saya disini.


7. Menyuburkan Rambut
Bawang putih dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Dengan kandungan Allicin yang tinggi, mirip senyawa belerang yang ditemukan pada bawa merah, yang dipercaya efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Gosokkan irisan siung bawang putih pada kulit kepala lalu pijat-pijat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa juga bawang putih ditambahkan minyak, lalu dipijatkan ke kepala.


8. Mencegah Kanker
Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Jika Anda adalah perokok berat, Ada baiknya anda mengunyah bawang putih mentah untuk melindungi tubuh dan pencegahan terhadap penyakit kanker.


9. Anti Radang
Bawang putih mengandung anti-peradangan. Sehingga jika Anda mengalami demam, atau sakit tenggorokan, anda cukup mengunyah bawang putih dan hasilnya tenggorokan Anda akan segera kembali fit.


10. Mengatasi Keracunan
Antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih juga mampu membantu mengusir racun dari dalam tubuh. Manfaat ini tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga dapat membantu memperlambat penuaan dini.


11. Meredakan Nyeri
Jika Anda menderita arthritis, hancurkan bawang putih mentah kemudian kompreskan pada bagian lutut atau tulang yang nyeri. Bawang putih akan meredakan nyeri tersebut.


12. Menyembuhkan Luka Serpihan
Menempatkan sepotong bawang putih di atas luka serpihan kaca kemudian menutupinya dengan balutan perban merupakan obat tradisional yang telah lama digunakan oleh sebagian masyarakat dan hal ini dipercaya dapat menyembuhkan luka serpihan.


13. Menghilangkan Gatal Akibat Jamur
Bawang Putih memiliki sifat anti-jamurnya, bawang putih dapat menjadi obat mujarab bagi atlet untuk menghilangkan rasa gatal di kaki akibat jamur. Rendam kaki dalam bak berisi air hangat dan cincangan bawang putih dan rasa gatalpun akan segera hilang.


14. Menyembuhkan sariawan
Bawang putih mengandung suplemen yang dapat membantu proses penyembuhan pada masalah sariawan . Dengan adanya sifat alami anti-inflamasi dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.


15. Pertolongan Pertama Keracunan Merkuri
Keracunan akibat merkuri atau arsenik juga dapat diringankan dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Namun, pertolongan ini hanya berfungsi sebagai pertolongan pertama saja. Segera dapatkan perawatan intensif dari dokter jika Anda mengalaminya.

Nah demikianlah manfaat bawang ptuih serta khasiatnya untuk kesehatan, jika anda mengalami masalah kesehatan diatas kini anda tahu bawang putih dapat mengatasinya. Semoga bermanfaat, Salam.

Rating : 4.5