Khasiat Serta Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau untuk Kesehatan

Advertisement

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau. Tanaman sirih merupakan tanaman asli indonesia, yang mana pada bagian daun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Terbukti nenek moyang kita biasa mengunyah daun sirih untuk alasan kesehatan, namun mengunyah daun sirih ini dapat mengakibatkan penyakit kanker mulut.

Khasiat serta Manfaat daun Sirih

Daun sirih mengandung minyak atsiri, dimana dalam kandungan minyak atsiri ini mengandung betIephenol atau biasa disebut minyak terbang, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol. kandungan yang terdapat pada daun sirih ini memiliki kekuatan untuk mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, dan anti jamur.

Banyak sekali manfaat daun sirih untuk kesehatan, anda bisa merebusnya dan mengunakan sebagai pengobatan batuk, keputihan, menghilangkan bau badan, bronkitis dan lain-lain. selain itu daun sirih juga bisa digunakan dengan cara lain misalkan dengan cara ditumbuk yang kemudian digunakan untuk mengobati luka bakar, sariawan, atau jerawat.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan sangatlah banyak, berikut adalah manfaat daun sirih untuk kesehatan beserta cara penggunaanya.

Manfaat Daun Sirih


1. Mengatasi Keputihan
10 helai daun sirih direbus ke dalam dua setengah liter air bersih. Setelah mendidih kemudian dinginkan dan gunakan untuk membersihkan vginabagian intim kewanitaan.


2. Mengatasi Mimisan
Gulung satu lembar daun siri kemudian gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan tersebut.


3. Mengatasi Diare
Bahan: 6 lembar daun sirih, 6 merica dan satu sendok makan minyak
Tumbuk ketiga bahan sampai lembut kemudian gosokkan pada perut penderita diare.


4. Mengatasi alergi dan Gatal-gatal
Tumbuk sampai halus enam lembar daun sirih ditambah satu potong jahe kuning dan satu setengah sendok minyak kayu putih. Kemudian digosokkan hasil tumbukan ketiga bahan tersebut pada bagian tubuh yang gatal.


5. Menghilangkan Bau Mulut
Daun sirih dicuci sampai bersih kemudian dikunyah selama beberapa menit. Rutin dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari.
Jika anda tidak mau mengunyah daun sirih, ada cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara berkumur menggunakan air hasil rebusan 6 daun sirih yang dicampur dengan dua gelas air. Lakukan setiap pagi dan sore hari atau dua kali sehari. Selain untuk menghilangkan bau mulut, berkumur atau mengunyah daun sirih juga bermanfaat untuk membunuh bakteri dalam mulut dan menguatkan gigi.


6. Meredakan Pembengkakan Gusi
Rebus 6 daun sirih ke dalam 3 gelas air sampai mendidih. Hasil rebusan kemudian didinginkan dan disaring kemudian ditambah sedikit garam. Selanjutnya adalah gunakan ramuan ini untuk berkumur sebanyak 3 kali dalam satu hari.


7. Meredakan Pendarahan Gusi
Rebuh sepuluh lembar daun sirih ke dalam 5 gelas air hingga mendidih. Dinginkan kemudian disaring dan gunakan untuk berkumur.


8. Menghilangkan Bau Badan
Rendam 3 lembar daun sirih ke dalam setengah gelas air panas dan tambahkan kurang lebih satu sendok gula. Tunggu sampai hangat kemudian baru diminum. liat cara lain untuk menghilangkan bau badan disini.


9. Mengobati Bronkitis
7 lembar daun sirih dihaluskan kemudian dicampur dengan 1 buah gula batu dan rebuh ke dalam dua gelas air sampai tersisa setengahnya. Hasil rebusan tersebut kemudian disaring dan diminum sebanyak 3 kali sehari dengan sekali minumnya adalah tiga sendok makan.


10. Mengatasi Radang Tenggorokan
Tiga lembar daun sirih direndam ke dalam satu gelas air panas. Tunggu sampai dingin kemudian gunakan untuk berkumur dengan kepala menghadap ke atas. Rasakan air sirih tersebut sampai ke pangkal tenggorokan. Lakukan secara rutin sebanyak tiga kali sehari.


11. Membantu Kerja Jantung
Potong sampai kecil-kecil lima lembar daun sirih kemudian direbus ke dalam 4 gelas. Tunggu sampai mendidih dan tersisa separuhnya atau tinggal 2 gelas saja. Saring hasil rebusan dan minum sebanyak dua kali dalam satu hari.


12. Menyembuhkan Luka Bakar
5 lembar daun sirih dicuci sampai bersih kemudian diperas. Air perasan tersebut kemudian dicampur dengan madu. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.


13. Menyembuhkan Bisul
Tumbuk daun sirih secukupnya sampai halus kemudian dioleskan pada bagian sekeliling yang terkena bisul. Jangan lupa dibalut supaya ramuan daun sirih tersebut tidak lepas dan bisa bekerja dengan efektif.


14. Menyembuhkan Mata Merah dan Gatal
Rebus 6 lembar daun sirih yang masih muda ke dalam satu gelas air. Hasil rebusan setelah dingin kemudian digunakan untuk mencuci mata sebanyak 3 kali dalam satu hari.


15. Koreng dan Gatal-Gatal
20 lembar daun sirih direbus sampai mendidih kemudian gunakan untuk membasuh bagian kulit yang gatal atau koreng.


16. Mengatasi Sariawan
Kunyah 2 helai daun sirih setelah dicuci bersih.


17. Menghilangkan Jerawat
Tumbuk sampai halus 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Kemudian seduh dengan 2 gelas air panas. Hasil seduhan tersebut digunakan untuk cuci muka sebanyak 3 kali dalam satu hari. lihat cara menghilangkan jerawat selengkapnya disini.

Manfaat Daun Sirih


Itulah Khasiat serta manfaat daun sirih merah dan hijau untuk kesehatan, jika anda mengalami masalah diatas kini anda tahu dapat menggunakan daun sirih untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat, Salam.

Rating : 4.5