Manfaat Rumput Laut dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat Rumput Laut dan Khasiatnya untuk Kesehatan. Banyak sekali makanan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah rumput laut. dan sesuai dengan namanya tumbuhan yang satu ini memang tumbuh di laut yang kemudian dipanen dan dijual kepasaran. mau tau apa saja manfaat rumput laut untuk kesehatan? silahkan disimak selengkapnya.

Pernahkah kalian memakan agar agar? nah agar agar ini terbuat dari rumput laut, selain dibuat menjadi agar-agar rumput laut juga kerap kali digunakan dalam campuran es buah yang kemudian disebut dengan es rumput laut.

Rumput laut memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang lezat, namun selain itu rumput laut juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan merupakan bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi. nah apa saja manfaat rumput laut? berikut silahkan disimak.

Manfaat Rumput Laut

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan


1. Membantu Mengatur Hormon
Rumput laut memiliki banyak kandungan vitamin K yang dapat membantu kelenjar adrenalin berfungsi dengan baik, sehingga dapat menyeimbangkan hormon. Beberapa jenis rumput laut wakame, nori, kombu dan bladderwrack lebih banyak mengandung vitamin K yang sangat baik dikonsumsi.

2. Meningkatkan Fungsi Tyroid
Selain mengandung banyak vitamin K, rumput laut jua mengandung selenium dan yodium dalam jumlah yang cukup tinggi, hal ini dapat membantu untuk menyeimbangkan dan mengatur fungsi tiroid. Bagi kalian yang mengalami masalah tiroid seperti sulit menurunkan berat badan ada baiknya kalian mencoba mengkonsumsi rumput laut.

3. Menyembuhkan Kanker
Rumput laut mengandung senyawa yang bernama fucoidans, dimana senyawa ini sudah teruji secara klinis dapat membunuh sel kanker tanpa membunuh sel tubuh yang normal dan sehat. Selain itu senyawa fucoidans dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Mengatasi Penyakit Kulit
Rumupt laut memiliki banyak kandungan vitamin B!, B2, B3, B6, dan B12 yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi permukaan kulit. Selain itu rumput laut juga mampu mengobati alergi kulit sensitif, eskim, dan berabagai penyakit kulit lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan dan Jantung
Kandungan paling tinggi yang terdapat pada rumput laut adalah serat, maka dari itu rumput laut sangat baik untuk melancarkan penceraan detoks tubuh dari berbagai sampah yang mengendap di dalam usus dan menurunkan kolesterol. Sehingga rumput mengkonsumsi rumput laut secara teratur dapat menjaga kesehatan penceraan dan jantung serta menghindarkan tubuh dari penyakit kardiovaskuler. Selain itu rumput laut juga mengandung folat yang mana dapat mencegah penumpukan homosistein untuk menghindari penyakit jantung.

6. Meningkatkan Kesuburan
Karena rumput laut mengandung banyak nutrisi penting, tanaman ini juga sangat baik mendukung kesuburan wanita dan pria. Unsur penting seperti yodium, seng, selenium dan magnesium yang tinggi dalam rumput laut dapat meningkatkan tingkat kesuburan.

Nah itulah beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan. Jika kalian ingin mendapat manfaat rumput laut ada baiknya mulai mengkonsumsi rumput laut secara teratur. semoga bermanfaat, Salam.