Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami Serta Penyebabnya

Advertisement

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami. Memang masalah yangs atu ini sangat menganggu telebih jika anda adalah orang yang sangat memperhatikan kesehatan rambut. dan bagi kebanyakan orang rambut adalah mahkota yang harus dijaga, jadi kehadiran ketombe ini bisa sanagt menganggu. baik dari rasa gatal yang timbulkannya atau masalah penampilan. untuk itu disini saya akan memberikan cara menghilangkan ketombe secara alami. silahkan disimak.

Cara Menghilangkan Ketombe

Menurut wikipedia, ketombe merupakan pengelupasan kulit mati berlebihan yang terjadi di kepala. Pengelupasan kulit ini merupakan kejadian alami jika terjadi dalam jumlah yang sedikit. namun orang yang bermasalah dengan ketombe ini mengalami kejadian ini secara terus menerus dan dalam jumlah pengelupasan yang banyak.

Jika anda mengalami masasalah ketombe tentulah anda akan merasa gatal, dan hindari untuk menggaruk kepala dengan berlebihan karena ini akan mengakibatkan resiko infeksi pada kulit kepala. kadang orang yang memiliki masalah ketombe menjadi tidak percaya diri lantaran rasa gatal yang ditimbulkan dan rasa tidak nyaman untuk menggaruk kepala di hadapan banyak orang.

Sebleum memberikan cara untuk mengatasinya ada baiknya terlebih dahulu anda mengetahui penyebab dari muculnya ketombe itu sendiri dan berikjut adalah penyebab umum munculnya ketombe.

Penyebab Ketombe :


Ada beberapa faktor yang memperngaruhi munculnya ketombe diantaranya adalah :

1. Faktor Makanan
Memilih jenis makan yang tidak tepat merupakan faktor penyebab munculnya ketombe, berikut adalah jenis makana yang dapat menyebabkan ketombe :

  • Makanan yang terlalu pedas. Cita rasa pedas pada suatu masakan memang memiliki daya tarik tersendiri untuk menyantapnya. Akan tetapi, pernahkah terlintas di benak Anda bahwa makanan yang pedas itulah yang menjadi penyebab timbulnya ketombe?

  • Makanan dari produk susu. Makanan dari produk susu seperti keju, susu murni, coklat, atau es cream tentunya menjadi salah satu makanan favorit karena rasanya yang enak dan dapat memanjakan lidah. Namun, makanan ini kurang baik untuk kecantikan. Mengapa? Karena makanan tersebut dapat menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe.

  • Makanan yang berminyak. Gorengan adalah salah satu teman yang pas untuk disantap bersama dengan secangkir kopi atau teh hangat. Setuju? Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa gorengan adalah dapat memicu timbulnya masalah ketombe karena banyak mengandung minyak.

  • Makanan yang mengandung gula tinggi. Sebaiknya kurangi makanan yang mengandung gula tinggi. Selain untuk menghindari diabetes, juga untuk menghidari timbulnya masalah ketombe.


2. Faktor Alergi Produk
Alergi apda produk tertentu dapat memicu munculnya ketombe, misalkan anda alergi apada produk sapo tertentu maka hal ini dapat menyebabkan ketombe. untuk itu disarankan untuk tidak bergonta ganti sampo, jika anda rasa sampo yang anda gunakan itu cocok untuk anda makan gunakanlah sampho itu seterusnya.


3. Faktor Genetik (Keturunan)
Ketombe juga bisa disebabkan karena masalah atau faktor keturunan. Di mana hal ini bisa keturunan dari gen sang ayah atau dari ibunya yang memiliki riwayat memiliki banyak ketombe.


diatas adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya ketombe. dan Bagi anda yang sedang mengalami msalah ketombe, disini saya akan meberikan cara menghilangkan ketombe secara laami yang suidah terbukti keampuhannya, berikut silahkan disimak.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami


1. Baking Soda
Basahi rambut dan gosokkan baking soda pada kulit kepala. Bilas sampai bersih dan kering. Lakukan ini setiap kali Anda mencuci rambut, tetapi hanya gunakan baking soda tanpa shampo. Rambut akan terasa kering pada awalnya. Tetapi setelah beberapa minggu, kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami, membuat rambut terasa lembut dan bebas dari ketombe.


2. Aspirin
Hancurkan dua tablet aspirin sampai halus. Tuangkan shampo ke telapak tangan dan campurkan dengan serbuk aspirin. Gunakan untuk keramas dan diamkan selama 1-2 menit, lalu bilas.


3. Jeruk nipis
Basuhkan air perasan jeruk nipis merata ke seluruh permukaan kulit kepala dan diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air dan ulangi cara ini setiap hari sampai ketombe hilang.


4. Garam
Taburkan garam merata ke seluruh kulit kepala dan pijat perlahan. Selain mempercepat pengelupasan kulit mati, garam bisa menyingkirkan bakteri dan jamur yang bersemayam di kulit kepala.


5. Cuka sari apel
Cuci rambut dengan shampo lalu bilas. Kemudian gunakan campuran segelas air dan dua sendok makan cuka sari apel untuk membasuh kulit kepala. Biarkan sejenak dan bilas. Anda juga dapat melawan ketombe dengan membasuh 3 sendok makan cuka sari apel pada rambut dan memijat kulit kepala dengan itu sebelum keramas. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dan cuci rambut seperti biasa.


6. Obat kumur
Untuk mengobati masalah ketombe yang parah, cuci rambut dengan shampo, kemudian bilas dengan obat kumur yang mengandung alkohol. Cara aneh ini cukup efektif untuk membunuh bakteri dan jamur yang menyebabkan ketombe di kulit kepala.

Cara Menghilangkan Ketombe


Itulah cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa anda lakukan, semoga dengan mempraktekkan cara diatas masalah ketombe anda bisa segera teratasi dan rambut anda kembali menjadi sehat dan indah. Semoga bermanfaat, Salam.

Rating : 4.5