Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Advertisement

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan. Semangka merupakan buah yang banyak mengandung air, buah ini sangat cocok di untuk dimakan di saat cuaca panas, selain rasanya yang menyegarkan buah semangka ternyata memiki banyak manfaat bagi kesehatan. apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan? silahkan disimak.

Manfaat Buah Semangka

Buah semangka pada awalnya berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan , melon dan ketimun. karena mengandung banyak air buah semangka ini sangat segar baik dimakan secara langsung maupun dibuat jus. selain itu Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan sebagai kuaci.

Semangka merupakan buah favorit di daerah beriklim tropsi termasuk indonesia, jadi tak heran jika kita akan sangat mudah menemukan buah semangka baik di pasar tradisional maupun pasar buah modern.

Semangka mengandung banyak sekali kalium yang sangat membantu dalam pembersihan racun-racun di ginjal. Selain itu, buah ini juga sangat membantu dalam mengurangi konsentrasi jumlah asam urat dalam darah, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal. berikut adalah beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan.

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan


1. Mencegah tekanan darah tinggi dan stroke
Dalam buah semangka mengandung kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Manfaat buah semangka ini dapat anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsinya, misalnya buah semangka anda gunakan sebagai pencuci mulut setelah makan.

2. Menyegarkan kulit
Buah semangka memiliki zat alami yang dapat mengubah penampilan kulit. Anda dapat memijat kulit Anda dengan irisan semangka segar atau mencampurnya dengan madu untuk mendapatkan hasil terbaik. Anda juga dapat menggunakan jus semangka dan mengoleskannya pada wajah dan leher Anda.

3. Menjaga kesehatan ginjal
Manfaat buah semangka dalam menjaga kesehatan ginjal yaitu karena adanya kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini membantu membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Selain itu, buah semangka mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

4. Sebagai Antioksidan
Sebagai antioksidan yaitu melihat dalam buah ini mengandung likopen yang cukup tinggi. Likopen merupakan senyawa antioksidan yang berpotensi untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas berlangsung tidak terkendali, bisa disebabkankarena polusi, pola makan dan daya tubuh yang menurun. Hal ini berakibat, tubuh anda mudah terserang penyakit dan radikal bebas ini merupakan awal dari munculnya penyakit kanker.

5. Melembapkan kulit
Semangka adalah buah yang mengandung banyak air yang membuat tubuh dan kulit terhindar dari dehidrasi. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda dapat mencampurkan semangka dan madu untuk tetap melembapkan kulit. Dehidrasi dapat menyebabkan wajah kering dan kusam. Jadi, sertakan buah berair ini dalam diet Anda.

6. Mencegah sariawan
Manfaat buah semangka bukan hanya untuk penyakit berat saja, sariawan pun dapat diatasi dengan makan buah semangka. Buah semangka mengandung banyak vitamin dan air, kedua senyawa inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Karena pada dasarnya, sariawan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di mulut dan bakteri akan berkembang baik jika mulut anda kering sehingga kandungan air dari buah semangka dapat mengurangi adanya bakteri.

7. Obat jerawat
Memijat kulit dengan masker semangka setiap hari adalah obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Jika Anda rentan terhadap jerawat, gunakan semangka untuk mengatasi masalah kulit Anda.

Cara membuat masker semangka: Masukkan sepotong kapas ke dalam jus semangka dan oleskan pada wajah setelah membersihkannya terlebih dahulu. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Jika Anda ingin membuat masker wajah dengan menggunakan buah semangka, jangan lupa tambahkan madu atau yogurt untuk mendapatkan hasil terbaik. Kemudian oleskan merata pada wajah dan leher.

8. Alternatif makanan rendah gula bagi penderita diabetes
Meskipun buah semangka manis, namun ternyata mengandung gula yang relatif rendah. Selain itu, manfaat buah semangka bagi penderita diabetes yaitu kandungan yang terdapat dalam buah semangka mampu merangsang produksi insulin sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.

Manfaat Buah Semangka


Itulah manfaat buah semangka untuk kesehatan, dan beruntunglah bagi anda yang gemar mengkonsumsi buah semangka dan mendapatkan khasiatnya yang begitu banyak. Semoga bermnafaat, salam.

Rating : 4