Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Advertisement

Manfaat Buah Pisang. Pisang merupakan buah yang banyak memiliki kandugan gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia, buah pisang ini juga sangat mudah didapatkan baik di pasar tradisional maupun pasar buah modern, selain itu harganya juga cukup terjangkau. apa saja manfaat buah pisang untuk kesehana dan kecantikan? silahkan disimak selengkapnya.

Manfaat Buah Pisang

Pisang adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan Asia Tenggara (termasuk Indonesia), Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah. jadi tak heran jika di indonesia kita bisa dengan menemukan buah pisang. Selain rasanya yang manis dan manis pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Pisang memiliki 3 jenis gula yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. selain itu pisang juga kaya serat dan texturnya yang lembut membuat pisang menjadi buah yang mudah dicerna oleh tubuh.

Selain bisa langsung dimakan, pisang juga bisa dibuat berbagai macam makanan olahan seperti halnya keripik pisang, pisang goreng dll. dibalik rasanya yang manis dan lembut itu pisang memiliki banyak manfaaat bagi kesehatan serta kecantikan. berikut adalah manfaat buah pisang bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Bauh Pisang untuk Kesehatan

1. Sebagai Sumber Energi
Pisang merupakan buah yang mengandung cukup banyak energi, terutama karena kandungan karbohidrat, kalori, dan seratnya. Jumlah Kalori yang dihasilkan oleh seratus gram pisang hampir sama dengan jumlah kalori yang dihasilkan oleh 200 gram daging.


2. Sebagai Menu Diet Sehat
Pisang merupakan buah padat nutrisi dan bisa dibilang memiliki kandungan gizi yang lengkap. Diet pisang merupakan salah satu metode diet yang cukup dianjurkan. Caranya adalah, anda cukup mengkonsumsi 3-4 buah pisang saat sarapan, lalu silahkan makan seperti normal saat makan siang dan malam. Buah ini sangat cocok untuk diet karena mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memasok cukup energi bagi tubuh serta memberikan efek kenyang lebih lama


3. Dapat Meningkatkan Konsentrasi
Buah pisang sudah sejak lama dikenal mempunyai khasiat untuk meningkatkan konsentrasi, terutama bagi anak-anak dan remaja. Hal tersebut dikarenakan kandungan kalium dan vitamin B yang tinggi dalam buah ini mampu meningkatkan kemampuan koordinasi antarsaraf serta dapat mengalirkan lebih banyak oksigen ke otak. Buah pisang sendiri paling tepat dikonsumsi saat sebelum tidur.


4. Meningkatkan Mood
Kandungan zat potasium dalam dalam buah ini berfungsi untuk menstabilkan detak jantung serta meningkatkan suplai oksigen ke otak sehingga mood dapat ditingkatkan dan stres pun dapat dihindarkan.


5. Mencegah Stroke dan Hipertensi
Pisang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah sehingga tekanan darah menjadi stabil serta resiko terkena stroke pun dapat diminimalisir.


6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Kalsium merupakan mineral yang kandungannya cukup tinggi dalam buah pisang. Kalsium sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jika kebutuhan kalsium terpenuhi, maka beberapa gangguan kesehatan seperti osteoporosis, osteomalasia (pelunakan tulang bayi), serta kerusakan gigi dapat dihindarkan.


7. Menyembuhkan Maag
Mengkonsumsi cukup pisang dapat meminimalisir resiko terkena iritasi lambung. Hal tersebut dikarenakan buah ini mengandung senyawa latek yang berfungsi untuk melapisi lambung dan melindunginya dari asam-asam korosif penyebab iritasi lambung termasuk maag.


8. Mencegah Kurang Darah
Buah pisang mengandung cukup zat besi yang dapat memenuhi suplai pembentukan sel darah merah pada tubuh. Penderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi paling tidak dua buah pisang setiap hari.


Manfaat Pisang untuk Kecantikan



1. Menyehatkan Kulit
Caranya :
Pisang dihancurkan sampai menjadi bubur, tambahkan satu sendok madu, aduk. Kemudian oleskan pada daerah payudara dan biarkan mengering. Lalu bilas dengan air hangat baru dibilas dengan air dingin. Lakukan satu minggu sekali.


2. Mengangkat Sel Kulit Mati
Caranya :
Ambil Buah Pisang dan Strawberry lalu potong kecil-kecil, kemudian hancurkan sampai halus. Tambahkan dua sendok minyak zaitun, aduk sampai rata, jangan lupa tambahan setengah cangkir gula, aduk kembali sampai benar-benar rata. Oleskan pada kulit, usap lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati, diamkan sesaat lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali.


3. Melembutkan Kulit
Caranya:
Siapkan setengah pisang dan alpukat, lalu blender hingga tercampur rata, tambahkan satu sendok minyak zaitun dan dua sendok makan yoghurt, aduk sampai rata. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat, lalu bilas dengan air mawar. Lakukan setiap 1 minggu sekali.


4. Mencerahkan Wajah
Caranya:
Hancurkan pisang sampai menjadi bubur, tambahkan oatmeal secukupnya dan aduk sampai merata. Oleskan pada wajah, biarkan 10-15 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan minimal satu minggu sekali.

Manfaat Buah Pisang


Itulah manfaat buah pisang yang baik bagi kesehatan dan kecantikan, nah yuk mulai sekarang rajin mengkonsumsi buah pisang yang kaya manfaat, agar mendapatkan manfaat dari buah pisang ini. Semoga bermanfaat, Salam.

Rating : 4.5