Manfaat Buah Mengkudu dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan. Buah mengkudu atau dijawa disebut dengan pace ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas dan menyengat. namun dibalik itu ternyata buah mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah mengkudu untuk kesehatan? silahkan disimak.

Manfaat Buah Mengkudu

Tanaman Buah mengkudu tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Mengkudu merupakan buah yang bergizi lengkap dengan kandungan zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Kandungan selenium pada mengkudu merupakana antioksidan yang hebat. kandungan senyawa lainnya yang terdapat dalam bauh mengkudu antara lain xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

Buah mengkudu sudah dipercaya sejak dahulu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, nenek moyang kita menggunakan buah mengkudu sebagai obat tradisional. dan karena rasanya yang khas ini selain digunakan sebagai obat, buah mengkudu juga biasanya digunakan sebgaia campuran rujak.

Selain daging buahnya manfaat mengkudu juga dapat ditemui pada daun, batang dan akar tanaman mengkudu. berikut adalah manfaat bauh mengkudu untuk kesehatan.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan


1. Anti inflamasi
Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga menurunkan resiko terkena serangan jantung.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Kesemua nutrisi yang terkandung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukan bahwa minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Sebab buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.

3. Mengobati Sakit Perut.
Bahan: 2-3 daun mengkudu. Cara membuat, daun ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, disaring dan diminum.

4. Sebagai Anti Kuman
Kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana yang ada pada buah mengkudu memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antiparasit yang baik untuk memelihara kesehatan kulit dan tubuh.

5. Sebagai Anti kanker
Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA dan kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

6. Menjaga Tekanan Darah
Makan buah mengkudu dalam bentuk jus, buah segar atau suplemen sangat dianjurkan, karena kandungan nutrisinya bisa mencegah terkena hipertensi. Tekanan darah menjadi lebih stabil.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.
Buah mengkudu ini dapat meningkatkan Daya Tahan Tubuh.Itu disebabkan karena adanya kandungan yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus .

8. Menurunkan Hipertensi.
Dua buah mengkudu yang telah masak di pohon dan satu sendok makan madu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring. Minum dan diulangi dua hari sekali.

9. Mengatasi Demam
(Masuk Angin dan Infuenza). Satu buah mengkudu dan satu rimpang kencur. Caranya, kedua bahan tersebut direbus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Diminum dua kali satu hari; pagi dan sore.

10. Analgesik
Buah mengkudu dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya bisa digunakan untuk meredam sakit kepala. Konon, sejak dulu banyak orang yang menggunakan daun buah mengkudu sebagai obat alami untuk meredakan nyeri sendi. Mengkudu memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi.

11. Mengobati Batuk
Satu buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Cara membuat, kedua bahan tersebut direbus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, kemudian disaring; diminum dua kali satu hari, pagi dan sore.

12. Menghilangkan Sisik pada Kaki.
Buah mengkudu yang sudah masak di pohon. Cara menggunakan, bagian kaki yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

13. Melancarkan pencernaan.
Menkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan. Penyakit seperti,perut kembung,muntah,luka pada usus halus dan radang lambung bisa diobati dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur.

14. Mengobati Tumor Dan Kanker
Zat Aktif dalam buah mengkudu yang dapat menghambat sel kanker dan tumor.Karena suplai terhambat, maka tumor dan kanker dapat dimatikan.

Manfaat Buah Mengkudu


itulah manfaat buah mengkudu, jika anda ingin mendapatkan manfaatnya yuk mulai sekarang mulai mengkonsumsi buah mengkudu, semoga bermanfaat, Salam.
Rating : 4.5