Cara Mengatasi Insomnia atau Penyakit Susah Tidur

Advertisement

Cara Mengatasi Insomnia. Insomnia adalah penyakit susah tidur, biasanya hal ini terjadi karena sedang stres lantaran masalah pekerjaan atau masalah lainnya. Insomnia ini bisa sangat menganggu karena pada keseesokan harinya tubuh akan terasa lemas, ngantuk dan tidak bersemangat. Jika anda sedang mengalami insomnia ada baiknya anda membaca dan mepraktekkan tips cara mengatasi insomnia yang akan saya berikan.

Cara Mengatasi Insomnia

Tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh, Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung untuk tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang.

Pada umumnya Insomnia atau gangguan susah tidur disebabkan oleh gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur dan hal ini semakin diperparah oleh pola hidup yang tidak baik seperti seperti tidak teratur jam tidur, seringnya begadang, serta kebiasaan mengkonsumsi sesuatu yang mengandung kafein seperti kopi dan juga rokok.

Apa dampaknya bagi kesehatan jika anda kurang tidur? kurang tidur tentu sangat berakibat buruk bagi kesehatan berikut adalah dampak yang ditimbulkan akibat anda kurang tidur.

Akibat Kurang Tidur

1. Berkurangnya kemampuan reaksi dan akurasi
2. Getaran (meriang atau mengigil)
3. Mudah lupa
4. Menguap parah
5. Sakit atau nyeri otot
6. Halusinasi
7. Mudah marah
8. Penurunan kognitif
9. Gejala mirip dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
10. Gangguan penilaian moral

Nah diatas adalah akibatnya jika anda kurang tidur yang mungkin disebabkan oleh insomnia, lantas bagaimana cara mengatasi insomnia? berikut silahkan disimak cara mengatasi insomnia secara teratur.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Sebenarnya saat ini banyak beredar obat untuk mengatasi insomnia yang membuat anda cepat tertidur namun obat obatan tentunya memiliki efek samping bagi kesehatan anda. ada baiknya anda mengatasi insomnia dengan cara alami seperti dibawah ini.

1. Olahraga Teratur
Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari, bukan beberapa jam sebelum tidur. Dengan berolaheraga teratur, kesehatan menjadi optimal dan dapat melawan stress dengan lebih baik.

2. Hindari Makan dan Minum Terlalu Banyak sebelum Tidur
Makan atau minum terlalu banyak sebelum tidur akan membuat perut anda terasa begah dan tentu hal ini akan menganggu kenyamanaan saat anda tidur alhasil anda akan susah tertidur.

3. Meminum Segelas Susu Hangat.
Segelas susu hangat akan membuat tubuh anda merasa rileks dan hasilnya anda akan cepat tertidur.

4. Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan atau membuat anda terjaga seperti teh, kopi, rokok.

5. Berendam air hangat.
Berendam air hangat 30 menit sebelum tidur akan membuat tubuh anda merasa nyaman dan mudah untuk tidur.

6. Tidur dan bangun dalam periode waktu yang teratur setiap hari.

7. Tidur dalam lingkungan yang nyaman.
Saat anda pergi tidur, matikan lampu, matikan hal – hal yang menimbulkan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur, dan jauhkan jam meja dari pandangan yang bisa membuat anda cemas karena belum terlelap.

Cara Mengatasi Insomnia


Nah demikianlah cara mengatasi insomnia, semoga dengan melakukan tips diatas anda bisa terbebas dari insomnia dan dapat tidur dengan nyenyak. Semoga bermanfaat, Salam.