Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat dan Khasiat Jahe. Mengkonsumsi jahe terbukti banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan, hal ini terbukti sejak zaman dahulu. dengan meminum wedang jahe akan membuat tubuh merasa hangat karena rasanya yang agak pedas dan menyegarkan. jahe sanga cocok diminum pada cuaca dingin. Lantas apa saja khsaiat serta manfaat jahe untuk kesehatan?, silahkan disimak lebih lanjut.

Khasiat dan Manfaat Jahe

Jahe merupakan tanaman yang berasal dari asia, di indonesia sendiri jahe sudah dibudidayakan sejak dahulu, dan seringkali di indonesia jahe digunakan sebagai bumbu masakan, selain diguanakan untuk bumbu masakan jahe juga dibuat untuk minuman sebagai penghangat badan.

Selian kegunaannya sebagai minuman dan bumbu masakan, jahe juga memiki banyak manfaat bagi kesehatan berikut adalah manfaat jahe untuk kesehatan.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

1. Meredakan sakit kepala dan migrain
Mengunyah sepotong jahe segar selama sekitar 30 menit diyakini dapat meringankan sakit kepala dan migrain.

2. Sebagai Obat Anti Mabuk Kendaraan
Meminum jahe atau memakan permen jahe sebelum melakukan perjalanan terbukti ampuh untuk mencegah mabuk kendaraan dan mual akibat mabuk.

3. Meredakan masalah perut (Pencernaan)
jika anda memiliki masalah pencernaan, Jahe sangat ideal untuk menghilangkan sakit perut seperti kram dan masalah pencernaan lainnya.

4. Kontrol kadar gula darah
Beberapa ahli kesehatan di dunia meminta pasien diabetes untuk minum jahe di pagi hari. Hal ini dimaksudkan agar pasien bisa mengontrol kadar gula darahnya.

5. Meningkatkan kekebalan Tubuh
Mengonsumsi jahe setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda terhadap penyakit.

6. Mual pagi
Jahe diketahui efektif dalam memberikan bantuan bagi penderita mual pagi (morning sickness). Penelitian menunjukkan bahwa 75 persen keberhasilan atasi mual pagi ini dijamin para penelitian kesehatan.

7. Mengatasi masalah tenggorokan
Jahe dapat mengikis rasa gatal di tenggorokan. Seduh secangkir jahe hangat dan minum tiga kali sehari.

8. Anti inflamasi
Jahe memiliki sumber senyawa anti-inflamasi yang kuat atau disebut gingerol. Senyawa ini membantu mengurangi gejala arthritis (radang sendi), osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.

9. Mencegah kanker usus besar
Sebuah studi kesehatan yang dilakukan di University of Minnesota, AS, menunjukkan bahwa jahe dapat memperlambat laju pertumbuhan sel kanker kolorektal.

10. Melindungi kesehatan jantung
Mengonsumsi jahe teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Hal ini juga berarti jahe bisa menurunkan risiko stroke dan serangan jantung karena sifatnya yang meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL).

11. Mengobati Alergi
Jahe mengandung sifat antihistamin, yang membuatnya baik untuk mengobati alergi.

12. Meredakan flu
Jahe mengandung sifat antivirus. Jadi, ketika Anda flu atau pilek, siapkan saja minuman jahe untuk melegakan tenggorokan dan hidung mampet.

13. Mengoptimalkan Sirkulasi darah
Jahe mengandung mineral seperti seng, kromium dan magnesium yang membantu sirkulasi darah yang optimal dalam tubuh.

Manfaat Jahe


Demikianlah manfaat jahe yang baik untuk kesehatan, bagi anda yang mengalami masalah diatas atau tidak ingin mengalami msalah diatas yuk mulai sekarang rajin mengkonsumsi jahe. Semoga bermanfaat, Salam.

Rating : 4.5