Manfaat Ikan Gabus untuk kesehatan Serta Kandungan Gizinya

Advertisement

Manfaat Ikan Gabus. Ikan gabus banyak ditemukan di danau, rawa rawa, sngai maupun sawah. bentuknya hampir meenyerupai ikan lele namun ikan gabus tidak memiki kumis seperti halnya ikan lele. daging ikan gabus sangat enak. dan taukah anda ikan gabus memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. apa saja manfaat ikan gabus serta apa saja kandungan gizi yang terkandung didalam ikan gabus? silahkan disimak.

Pada saat musim hujan, dan banjir kadang ikan gabus ini seringkali terdampar di parit2 kecil di sekitar rumah. dan tak jarang juga ikan gabus ini memasuki sawah dan menjadi hama bagi petani karena ikan gabus ini memangsa ikan ikan kecil yang sengaja di pelihara oleh petani disawahnya.

Manfaat Ikan Gabus

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Ikan gabus memiliki banyak kandungan Albumim, merupakan jenis protein yang dapat mempercepat penyembuhan pascaoperasi dan melahirkan. Selain itu zat albumin pada ikan gabus ini juga dapat membantu pertumbuhan anak dan menambah berat badan orang yang mengidap HIV/AIDS.

Kandungan protein ikan gabus juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti telur, daging ayam, maupun daging sapi. Kadar protein per 100 gram telur 12,8 gram; daging ayam 18,2 gram; dan daging sapi 18,8 gram. Nilai cerna protein ikan juga sangat baik, yaitu mencapai lebih dari 90 persen.

Selain memiliki banyak protein, daging ikan gabus memiliki banyak kandungan gizi lainnya Di antaranya, zinc (seng), asam amino, lemak dan trace element lain yang diperlukan tubuh.

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat dari ikan gabus :

  1. Membantu proses penyembuhan penyakit seperti: Hepatitis, TBC/Infeksi Paru, Nephrotic Syndrome,Tonsilitis, Thypus, Diabetes, Patah Tulang, Gastritis, ITP, HIV, Sepsis, Stroke, Thalasemia Minor.
  2. Meningkatkan kadar Albumin dan Daya Tahan Tubuh.
  3. Membantu Menghilangkan (pembengkakan).
  4. Memperbaiki Gizi Buruk pada Bayi, Anak dan Ibu Hamil.
  5. Membantu penyembuhan Autis.
  6. Mempercepat proses penyembuhan Pasca Operasi.
  7. Mempercepat penyembuhan Luka luar dalam.
  8. Sebagai larutan pengganti pada keadaan defisiensi albumin consolidating

Manfaat Ikan Gabus


Nah demikianlah Manfaat ikan gabus yang baik untuk kesehatan, dan cara sederhana untuk mendapatkan manfaat dari ikan gabus untuk pengobatan adalah dengan cara mengukus atau menyetem ikan gabus dan dijadikan menu tambahan. Semoga bermanfaat, Salam.

Rating : 4.5